• By: Radio Elfara

Setelah viral dengan lagunya yang berjudul “Aduh”, MALIQ & D’Essentials kembali viral berkat lagu barunya yang berjudul “Kita Bikin Romantis”. Lagu ini sudah viral di media sosial sebelum dirilis secara resmi pada 8 Maret 2024. Potongan audio 30 detik dari lagu ini yang diunggah di TikTok sejak 28 Februari sudah dipakai lebih dari 2,2 juta video. Respons dari lagu ini bermacam-macam, ada yang menyukainya karena sering muncul di fyp, tetapi ada juga yang mengkritiknya bahkan meminta agar MALIQ menciptakan lagu dengan vibes yang mirip karya-karya lama mereka.

Untuk menanggapi pro dan kontra tersebut, grup band yang sudah berusia lebih dari 20 tahun ini mengunggah 4 video di channel YouTube MALIQ & D’Essentials. Ada 4 judul berbeda di dalam 4 video tersebut, yaitu ‘Impact’, ‘Contra’, ‘Viral’, dan ‘Cringe’. Beberapa cuplikan respon dari anggota band MALIQ & D’Essentials.

"Impactnya jauh di bayangan gue kalau ini bakal menyentuh banyak orang. Gue masih ngobrolin ini sama anak-anak, apa sih sebenernya yang bikin lagu ini begitu personal buat banyak orang? Apakah melodinya yang enak? Atau liriknya yang kena banget? Soalnya, proses pembuatan lagu ini sama aja kayak yang gue lakukan 20 tahun lalu," ujar Widi dalam video ‘Impact’.

"MALIQ lagi menikmati masa-masa bahagianya bermusik. Ini kayak MALIQ reborn. Rasanya bebas kayak album pertama kita. Kembali lagi ke alasan kita main musik, ingin tampil di banyak panggung, pengen lagunya didenger sama banyak orang. Kita juga pengen menyatu dengan pendengar baru dan itu terjadi," kata Angga dalam video ‘Cringe’.

"Kita gak pernah design biar viral. Kita Cuma merencanakan bikin lagu yang bagus dan enak bagi kita. Ternyata banyak yang setuju dan kita senang kalau kejujuran kita sampai ke orang lain," ungkap Lale dalam video ‘Viral’.

"Harus gue syukurin karena once kita melahirkan karya dan karyanya munculin pro dan kontra, menurut gue itu berarti karyanya berhasil. Persepsi orang-orang tentang pro dan kontra itu nggak bisa kita atur, satu-satunya yang bisa kendaliin cuma diri lo, persepsi lo, dan karya lo," ujar Jawa dalam video ‘Contra’.

"Kalimat 'kita bikin romantis' itu kayak MALIQ yang bikin keadaan jadi romantis. Jadi, saat setiap orang menggambarkan romantisnya masing-masing, kita seneng banget," kata Indah dalam video ‘Contra’.

"Memang, lagu ini nggak di-design buat viral, unpredictable aja. Bikin lagunya juga nggak dikejar. Album (baru) ini kan vibesnya gitu ya, kalau suasananya enak kita kerjakan aja. Rasanya senang (viral) tapi takut juga," ujar Ilman dalam video ‘Viral’.

“Kita Bikin Romantis” jadi single kedua yang dirilis MALIQ & D’Essentials setelah kembali bekerja sama dengan Warner Music Indonesia. Kalau kamu ingin meromantisasi hidupmu dengan lagu yang romantis, dengarkan lagu "Kita Bikin Romantis" di platform streaming digital favoritmu dan tentunya di Radio Elfara. [LNR]