• By: Radio Elfara

ELFARA FM - Laze, penyanyi dan rapper Indonesia yang berhasil meraih empat nominasi di AMI Awards, merilis album ketiganya berjudul “Digdaya” bersama Preachja Records. Album ini menceritakan tentang perjalanan dirinya dalam menuju kesaktian tak terkalahkan yang sesungguhnya. “Digdaya” menunjukkan energi buas Laze yang belum pernah Ia tunjukkan sebelumnya.


Album ini sebagian besar diproduksi sendiri oleh Laze dan dibantu oleh kolaborator lama, Marcellino Aditya. “Digdaya” mempertemukan instrumen klasik Indonesia dengan drum dan beat yang modern pada 13 track, yang masing-masingnya punya kekuatan tersendiri.


Dibuka dengan mewah oleh trek “Tipu Daya” yang mempersilahkan pendengar masuk ke dalam digdaya ala Laze lewat instrumentasi yang megah. Album ini menghadirkan kolaborasi dengan sejumlah rapper lainnya seperti ONAR Ayub Jonn pada “Porsi Curah”, Dzulfahmi dan Rand Slam pada single yang telah dirilis sebelumnya “Tanpa Perayaan”, Liam Amadeo dari duo Livingroom pada title track “Digdaya” dan “Merah Muda Biru”, serta rekan label Akara pada “Menciptakan Hening” dan Wicigo Shawty pada “Di Pinggir Jurang” yang juga telah dirilis terlebih dahulu.


Bagi Laze, “Digdaya” melambangkan proses penggalian kekuatan lewat pelampiasan dan perlawanan terhadap diri sendiri.  “Besar harapan agar Digdaya jadi soundtrack perjuangan anda semua melawan naik turunnya kehidupan sambil meneguhkan jiwa,” ujar Laze.


Dalam merayakan perilisan “Digdaya”, Laze mengadakan listening party di Zodiac, Jakarta pada Kamis (26/10) lalu. Pada gelaran tersebut, Laze memperdengarkan tracklist lengkap dari album “Digdaya” bersama dua kolaboratornya, Wicigo Shawty dan Liam Amadeo (Livingroom.), ditemani rekan-rekannya dari kolektif ONAR serta rapper Ariel Nayaka. [JY]