• By: Radio Elfara

Kehilangan sahabat yang sangat kita sayangi memang sulit untuk dilupakan. Hal itu dirasakan Kahitna yang telah kehilangan salah satu anggota mereka, yaitu Alm. Carlo Saba. Jadi, sebagai bentuk penghargaan dan tanda kasih untuk Carlo Saba yang telah berpulang, Kahitna baru saja merilis lagu baru yang berjudul "Sejauh Dua Benua" pada 19 April 2024, yang mana bertepatan dengan 1 tahun berpulangnya Carlo Saba ke Sang Pencipta.

Yovie Widianto bercerita tentang lagu “Sejauh Dua Benua” adalah lagu yang direkam dengan melibatkan Carlo Saba. “Lagunya juga remake dari lagu favoritnya Alm. Carlo,” ujar Yovie. Oleh karena alasan yang kuat itu, Kahitna sepakat untuk merilis ulang lagu yang dulu pernah dibawakan oleh Arsy Widianto dan Brisia Jodie.

Pada versi sebelumnya, lagu ini dibawakan dengan nuansa lebih nge-beat dan punya vibe musik progressive yang kekinian serta dipengaruhi gaya musik Korea dari Arsy dan Jodie. Maka kali ini, Kahitna hadir dengan gaya yang lebih banyak diambil dari musik Barat, tapi tetap dengan sentuhan khas Kahitna.

Perilisan lagu baru ini awalnya terasa seperti momen yang menyenangkan selama proses pembuatannya. Tetapi sekarang, ketika melihatnya dengan lebih dalam dan diterjemahkan kata perkatanya, bagi Kahitna, lagu ini justru menjadi kenangan manis yang sangat berarti dari Carlo Saba.

Lagu ini menceritakan tentang sejauh dua benua, walaupun kita berjarak jauh tetapi hatiku tetap untukmu, ini memberikan semangat pada Kahitna bahwa walaupun Carlo sudah tidak ada di sisi kita, tapi semangat dia untuk kami semua, termasuk saya pribadi berjuang sampai sekarang hampir menjelang 38 tahun bersama, Kahitna tetap eksis di seluruh lapisan pecinta musik tanpa adanya gap,” ungkap Yovie.

Di kesempatan ini, Kahitna mencoba kembali berkat bantuan generasi baru yang membawakan lagu-lagu mereka. Yovie juga memberikan apresiasinya kepada anak-anak muda yang telah menghargai karya Kahitna.

"Kali ini kami yang akan membawakan lagu dari generasi baru, yakni "Sejauh Dua Benua" dengan gaya khas Kahitna. Kalau selama ini banyak lagu Kahitna yang dibawakan sama penyanyi-penyanyi muda seperti "Andai Dia Tahu" yang dibawakan RAN lalu ada Raisa, Arsy, dan Tiara yang membawakan lagu "Mantan Terindah", maka kami menghargainya dengan membawakan lagu ini sebagai bentuk apresiasi kepada generasi baru yang terus melanjutkan semangat musik Kahitna," ujar Yovie.

Kahitna berharap lagu “Sejauh Dua Benua” bisa jadi jembatan menuju EP terbaru mereka yang akan segera dirilis dengan lagu-lagu bernuansa cinta khas Kahitna yang progressive tapi juga kuat dari segi lirik, harmonisasi, aransemen, dan produksi. “Semoga kami selalu memberikan jejak indah buat musik Indonesia, memberikan warna indah dan terbaik buat seni dan budaya negeri kita, amin,” tutur Kahitna.

Lagu "Sejauh Dua Benua" dari Kahitna udah bisa kamu dengerin di semua platform musik digital, seperti Spotify, Apple Music, Langit Musik, Youtube Music, Trebel, dan TikTok Music. Kamu juga bisa nonton music videonya di YouTube Musica Studios. Kamu juga request lagunya di Elfara FM agar bisa kamu dengerin setiap harinya. [LNR]