• By: Radio Elfara

RADIOELFARA - Waspadai korupsi, Rapat koordinasi pencegahan tindak pidana korupsi digelar oleh Pemkot Malang di Ngalam Command Center (NCC) Balai Kota Malang, Senin (6/9). Rapat tersebut dipimpin oleh orang nomor satu Kota Malang yakni Drs. H. Sutiaji. Dirinya mengungkapkan banyaknya penangkapan oknum pelaku korupsi oleh KPK dii berbagai daerah sangat memprihatinkan, harapannya kejadian itu tidak boleh terjadi lagi di Kota Malang maupun daerah lain di Indonesia

“Sudah cukup 16 daerah saja yang terkena operasi KPK, jangan sampai hal ini terjadi di Kota Malang. Untuk itu saya ingatkan dalam kesempatan ini jangan sampai ada korupsi dilakukan di lingkungan Pemerintah Kota Malang,” papar Sutiaji.

Menurut Sutiaji praktik korupsi terjadi karena kerakusan manusia yang tidak pernah puas dengan apa yang sudah dimiliki, untuk itu Wali Kota Sutiaji mengajak seluruh ASN di lingkungan Pemkot Malang untuk selalu bersyukur atas apa yang sudah dimiliki.

Wali Kota Sutiaji menyampaikan dirinya mungkin tidak bisa selalu mengawasi ASN yang ada di Kota Malang karena segala keterbatasan yang ada, oleh karena itu diharuskan ada satu persamaan persepsi untuk dapat menjalankan amanah dengan baik. “Visi Kota Malang adalah Malang bermartabat. Bisa membangun Kota Malang sesuai amanah Tuhan untuk menciptakan manusia sebaik-baiknyan ciptaan,” tegas Sutiaji.

Elfriend, sifat tegas yang dimiliki Sutiaji ada bukan tanpa sebab, ia bersyukur bagaimana didikan orang tuanya untuk berlaku jujur di masa kecil sangat berpengaruh. Sutiaji menceritakan di masa itu sebagai anak petani ia pulang sore dari merumput di sawah membawa ramban daun turi, tetapi bukannya dipuji ia justru dimarahi oleh orang tuanya. Keluarganya tidak memiliki pohon turi, akhirnya sebongkok ikatan daun turi itu dilepas kemudian dicambukan kepada Wali Kota Sutiaji sampai habis.

“Setelah itu disuruh mandi, kemudian diantar orang tua meminta maaf kepada pemilik pohon turi. Itu orang tua kita begitu melakukan tindakan tidak sesuai selalu mengajarkan dengan perilaku bagaimana berbuat baik dan jujur,” terang Sutiaji.

Sementara itu, Plt. Kepala Inspektorat Kota Malang M Subkhan mengatakan kegiatan koordinasi ini adalah upaya untuk menyosialisasikan pengawasan oleh APIP Kota Malang. Dalam membantu urusan wali kota menyelenggarakan pemerintahan di daerah. “Masuk di dalamnya adalah menyosialisasikan untuk tidak korupsi,” terang Subkhan. [SY]

 

Source: malangkota.go.id