• By: Radio Elfara

RADIO ELFARA - Selain batik dari Indonesia, kita udah nggak asing asing sama kain songket ya Elfriend. Apalagi sekarang ini makin banyak yang pake songket. Tapi baru-baru ini, songket ditetapkan sebagai Daftar Representatif Warisan Budaya Non-Benda Kemanusiaan milik Malaysia oleh UNESCO Elfriend.

Penetapan ini diputuskan di sidang sesi ke-16 Komite Antar Pemerintah untuk Perlindungan Warisan Budaya Tak Benda yang diakan online dari 13 sampai 18 Desember 2021. Pertemuan ini dipimpin oleh Sekretaris Jenderal Komisi Nasional Sri Lanka untuk UNESCO, Punchi Nilame Megaswatte. Dihadiri oleh perwakilan Negara Pihak, organisasi non-pemerintah, lembaga budaya dan pemangku kepentingan lainnya dari seluruh dunia.

Malaysia sendiri mengajukan songket sebagai warisan budaya, sejak Maret 2020. Di laman UNESCO, disebutkan bahwa songket adalah kain tenun tangan tradisional Malaysia yang dibuat oleh wanita di Semenanjung Malaya dan Sarawak. Selain Malaysia, songket juga dikenal sebagai pakaian tradisional etnis Melayu di Indonesia, Singapura dan Brunei.

Munculnya berita ini menimbulkan respon beragam dari warganet nih Elfriend, ada ya g menilai kalau songket adalah produk irisan budaya Melayu jadi masih relate sama Indonesia dan Malaysia. Ada juga yang menilai sebaliknya. Kalau kamu sendiri gimana Elfriend? [Az]