• By: Radio Elfara

RADIO ELFARA - Pemerintah Kota (Pemkot) Malang bersama Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Tugu Tirta berkomitmen memberikan pelayanan publik yang prima bagi dan memuaskan bagi masyarakat. Demi menjaga kualitas pelayanan publik tersebut, Wali Kota Malang, Drs. H. Sutiaji menyampaikan bahwa komitmen dan layanan pengaduan terencana by system sehingga terarah dan terpantau rutin. Termasuk percepatan dan penguatan layanan pengaduan terkait penyediaan air minum bagi masyarakat. Hal ini disampaikan dalam Kompetisi Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik (P4) yang digelar Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) di Ngalam Command Center (NCC), Rabu (25/5).

Berdasarkan periode bulan Juli-Desember 2021, ada 3730 pengaduan dari 171.602 pelanggan aktif yang pencapaian realisasi per bulannya mencapai 99,53%. Sebagian besar pengaduan diselesaikan kurang dari satu hari. “Berbagai kanal komunikasi dengan pelanggan disediakan, adaptif dengan dinamika teknologi informasi komunikasi dan media sosial. Ada berbagai aplikasi dan layanan pengaduan yang dapat diakses oleh masyarakat dengan baik melalui pemerintah kota atau aduan secara langsung ke Perumda Tirta selama 24 jam. Tentu kami lakukan terus menerus inovasi, kita kuatkan terus menerus sistem aplikasi yang telah terintegrasi dengan SP4N Lapor, terpusat dan real time,” jelas Sutiaji.

Harapannya, inovasi akan terus dilakukan dengan pondasi hukum, keterkaitan, konektivitas, kanal utama SP4N, rencana berkelanjutan dan koordinasi rutin sehingga trust masyarakat nantinya juga semakin meningkat. Aspek keberlanjutan juga menjadi highlight lewat berbagai rencana dan upaya. Wah semoga bisa terlaksana ya Elfriend! [Az]