• By: Radio Elfara

RADIO ELFARA – Pemkot Malang mengucurkan bantuan dana hibah kepada 10 partai politik (parpol) yang mempunyai perwakilan di DPRD Kota Malang, dana tersebut diharapkan dapat meningkatkan keberadaan dan peran parpol menjadi lebih baik dan kuat kedepannya. Dana sebesar Rp3.277.410.000,00 yang bersumber dari APBD secara simbolis diserahterimakan kepada masing-masing ketua parpol di ruang sidang Balai Kota Malang, Kamis (16/9).

Wali Kota Malang Drs. H. Sutiaji mengatakan, besaran dana hibah yang naik 100 persen dari tahun sebelumnya tersebut sudah sesuai dengan aturan yang ada dan berlaku, yaitu Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 36 Tahun 2018. Sehingga semua sudah ada payung hukumnya dan tidak menyalahi aturan.

Wali Kota Sutiaji menyampaikan, hendaknya dana hibah itu dapat dimanfaatkan sebaik mungkin seperti untuk peningkatan kapasitas kader dan pendidikan politik bagi masyarakat. Ia juga mengingatkan, jangan sampai ada pengeluaran ganda dan atau fiktif, sehingga akan menjadi temuan bagi aparat penegak hukum dan bahkan memicu tindak pidana korupsi.

“Jika hal itu terjadi, tentu partai politik akan mengalami kerugian besar. Nantinya dana hibah juga akan diberikan oleh pihak Pemerintah Provinsi Jawa Timur dan untuk tahun 2022, kami berencana akan besaran dana hibah parpol ini. untuk besarannya kami belum bisa menentukan, tergantung dari APBD,” ujar Sutiaji.

Sementara itu, Laily Fitriyah Liza Min Nelly, salah satu ketua partai mengungkapkan, dari dana hibah ini akan dimanfaatkan pihaknya sebaik mungkin dan dengan prinsip kehati-hatian. Semua pengeluaran atau penggunaan dana akan dilaporkan secara transparan agar peruntukannya jelas dan tidak memicu permasalahan hukum ke depannya.

Dari dana hibah tersebut, Nelly mengungkapkan diantaranya akan dipergunakan untuk biaya pendidikan politik bagi kader partai dan masyarakat, sehingga masyarakat dapat lebih memahami politik dan tidak memandangnya dengan sebelah mata. “Dana ini amanah dari negara dan rakyat, maka dalam penggunaannya harus benar dan optimal,” pungkas Nelly. [SY]

 

Source: malangkota.go.id