• By: Radio Elfara

RADIO ELFARA – Jajaran Polresta Malang Kota melakukan persiapan terkait keamanan, kenyamanan dan penerapan protokol kesehatan saat misa Natal, dengan melakukan inspeksi ke beberapa gereja, Senin (20/12). Wakil Kapolresta Kota AKBP Deny Heryanto memimpin para petugas dalam melakukan pengecekan di setiap ruangan gereja dan tempat peribadatan.

Wakil Polresta Deny mengingatkan kepada pengurus gereja untuk selalu memprioritaskan protokol kesehatan selama pelaksanaan misa Natal. Seperti penerapan maksimal 50 persen dari kapasitas gereja dan mendaftar jemaat yang melakukan misa di gereja, apabila kapasitas gereja sudah melebihi 50 persen maka jemaat yang belum bisa masuk ke gereja dapat mengikuti misa secara daring.

Nantinya, pengamanan khusus oleh unsur TNI-Polri dan sejumlah relawan akan dilakukan di 80 gereja yang ada di Kota Malang. Sehari sebelum saat pelaksanaan tiba atau pada 24 Desember, personil polisi antiteror, antibom dan anjing pelacak akan turut diterjunkan untuk mengantisipasi berbagai kemungkinan.

“Di setiap gereja setidaknya akan disiagakan antara lima hingga 10 personil gabungan tersebut, tergantung kapasitas atau besarnya gereja. Namun kita semua berharap dan berdoa semua pelaksanaan misa natal di Kota Malang berjalan aman dan lancar,” imbuh AKBP Deny.

Disampaikan AKBP Deny, pihaknya sudah menggelar rapat koordinasi dengan anggota dewan gereja untuk merealisasikan berbagai hal menjelang misa Natal tersebut. Termasuk di antaranya penyiapan satuan tugas khusus dari internal pengurus gereja dan terkait penyediaan sarana prasarana penerapan protokol kesehatan.

“Di beberapa gereja yang jemaatnya banyak juga akan disiagakan tenaga medis dan mobil ambulans. Sehingga jika sewaktu-waktu ada jemaat yang merasa kurang enak badan atau perlu memeriksakan kesehatannya bisa segera ditangani,” pungkas AKBP Deny. [SY]

 

Source: malangkota.go.id