• By: Radio Elfara

RADIO ELFARA - Sekitar 4.600 guru PAUD se- Kabupaten Malang, Bunda Pengembangan Anak Usia Dini (PAUD) dan kader Posyandu Kabupaten Malang hadir untuk bersinergi, berpartisipasi dalam ”Gebyar Harmonisasi dan Aksi Daerah” yang digelar di Stadion Kanjuruhan, Sabtu (17/9).


Kegiatan ini diselenggarakan dengan slogan ”Konvergensi Penurunan Stunting dan Pengembangan Anak Usia Dini Holistik Integratif (PAUD-HI)”. Dalam keterangannya, Bupati Malang H M. Sanusi berharap Bunda PAUD maupun Pokja PAUD Kabupaten Malang dapat terus bersinergi dengan Pemerintah Kabupaten Malang untuk bekerja sama memberantas kasus stunting. Hal ini sesuai dengan kurikulum terpadu yang komprehensif yang menjadi standar dalam penyelenggaraannya. ”PAUD HI juga bertugas mengintegrasikan segala aspek yang terdapat dalam pengembangan dasar anak,” terangnya.


Pemkab Malang akan membantu Rp 25.000 per bulan untuk siswa  PAUD dan Rp 22.000 untuk siswa TK. Bantuan untuk pembelian tambahan makanan bergizi untuk siswa dilaksanakan selama empat bulan. "Jumlah total keseluruhan anggaran yang akan digelontorkan 7 miliar untuk mengurangi angka stunting dengan jumlah tenaga pengajar 8600," jelas Sanusi.


Di sisi lain, Bunda PAUD Kabupaten Malang Hj Anis Zaidah Sanusi berharap semua pihak dapat memberikan layanan esensial bagi anak usia dini. “Diharapkan semua pihak dapat dengan sungguh-sungguh untuk aktif, peduli, dan berkomitmen tinggi. Dalam penanganan penurunan stunting, perlu implementasi PAUD-HI di Kabupaten Malang,” pungkasnya.


Ketua Pokja Bunda PAUD Kabupaten Malang Hj Hanik Dwi Martya P mengatakan pihaknya terus berupaya menggerakkan, memotivasi, dan menginspirasi lembaga pendidikan PAUD di Kabupaten Malang yang telah mencapai 1.761 lembaga. "Menekan angka stunting dengan mengoptimalkan PAUD HI dengan lima layanan essensial. Dan cara menurunkan stunting adalah ibu - ibu rajin menyusui putra-putrinya," tegasnya.


Dalam acara yang diorganize oleh Radio Elfara Malang ini, Sanusi juga memberikan penghargaan kepada 7 guru dengan masa pengabdian terlama. Selain itu, acara penyerahan simbolis Kartu Identitas Anak (KIA) dan akta kelahiran juga berlangsung. Dilanjutkan dengan beasiswa program RPL S-1 PAUD dari Universitas PGRI Kanjuruhan Malang. Serta dukungan dari media pembelajaran digital dari Indopustaka Kids Yogyakarta. Tidak ketinggalan, pameran UMKM hingga Talkshow Parenting bersama Shahnaz Haque dan live on-air OB Van Radio Elfara Malang. [KT]