• By: Radio Elfara

RADIO ELFARA – Guna mewujudkan Indonesia bebas pandemi Covid-19, vaksinasi di kalangan pesantren dan rumah ibadah digelar secara serentak di berbagai daerah di Indonesia pada Selasa (7/9) termasuk di Kota Malang yang dilaksanakan di Pesantren Sabilurrosyad. Dalam gelaran tersebut para santri juga turut mendukung dan antusias terhadap penerimaan suntikan vaksin Sinovac dosis pertama dan kedua.

Pelaksanaan vaksinasi massal di sejumlah daearah yang dilaksanakan sescara serentak ini pun mendapat apresiasi dari Presiden Republik Indonesia Ir. Joko Widodo. Presiden meminta semua pihak untuk terus melakukan upaya percepatan vaksinasi. Selain itu, semua masyarakat dihimbau tetap disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan serta memaksimalkan pemanfaatan tempat isolasi terpusat atau isoter.

Pernyataan serupa disampaikan Kapolresta Malang Kota, AKBP Budi Hermanto yang mengaku akan melakukan upaya percepatan vaksinasi dengan menerapkan strategi jemput bola. Jajarannya akan terkoordinasi dan bersinergi dengan kodim, korem, para pengasuh pesantren, takmir masjid dan Pemkot Malang guna melakukan percepatan vaksinasi di Kota Malang.

Strategi jemput bola ini sendiri dinilai dapat lebih aktif dan efektif, dari kepolisian atau TNI nantinya akan datang ke tempat santri atau jemaah masjid yang akan divaksin. Dengan begitu tindakan preventif ini dapat terus menekan kasus-kasus Covid-19 dan dapat meminimalisir masifnya serangan virus yang selalu bermutasi setiap waktu, seperti halnya virus varian Delta.

Program ini pun mendapat dukungan penuh dari Kepala Dinas Kesehatan Kota Malang, dr. Husnul Muarif yang juga hadir di Pesantren Sabilurrosyad tersebut. “Kami tentu akan mendukung semua program TNI-Polri, pesantren, takmir masjid dan yang lain. Sehingga kekebalan kelompok atau herd immunity di Kota Malang akan terbentuk semakin besar. Dengan demikian maka akan turut menekan kasus-kasus Covid-19,” pungkas Husnul. [SY]

 

Source:malangkota.go.id