• By: Radio Elfara

RADIO ELFARA – Rabu (11/5), Wali Kota Malang Drs. H. Sutiaji telah menyerahkan Surat Keputusan Pengawai Pemerintah Dengan Perjanjian Kerja (PPPK) Guru Tahap 1 Formasi Tahun 2021 kepada 639, yaitu untuk guru SD 487 dan SMP 152 di Gedung Islamic Center untuk memajukan pendidikan di Malang. Sutiaji juga berharap, kesejahteraan guru dapat menjadi prioritas pemerintah agar semakin baik dalam mendidik siswa.  

Tidak hanya itu saja, Sutiaji juga berpesan agar guru harus bisa menjadi fasilitator untuk mengembangkan potensi siswa, sehingga menjadi generasi emas yang berguna bagi keluarga, bangsa, dan negara. “Jangan sampai ada justifikasi siswa itu bodoh, anak itu tidak baik dan anak-anak itu nakal. Sesungguhnya tiap anak memiliki kecenderungan melakukan kebaikan,” kata Sutiaji. Ternyata PPPK ini juga menjadi langkah awal untuk semakin baik dalam menjalankan amanah.  

Disamping itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Malang Suwarjana, SE., MM mengungkapkan di tahun 2021 telah mengajukan ke pusat sebanyak 2.000 guru untuk formasi guru PPPK Kota Malang. Namun dari pengajuan baru ada 639 guru tingkat SD dan SMP yang bisa mendapatkan SK PPPK. Sedangkan gaji untuk guru PPPK, senilai Rp 1.700.000/bulan dan akan bertambah setiap 5 tahun sekali sesuai masa kerja. Jadi untuk meningkatkan kesejahteraan guru Kota Malang, Suwarjana menambahkan pemkot Malang untuk terus mendaftarkan lagi penambahan gaji guru GTT melalui mekanisme PPPK. [GR]