• By: Radio Elfara

RADIO ELFARA – Pemerintah Kota (Pemkot) Malang menggelar upacara peringatan Hari Pahlawan 2021 di halaman Balai Kota Malang, Rabu (10/11). Dalam upacara tersebut, Wali Kota Malang Drs. H. Sutiaji bertindak sebagai inspektur upacara pengibaran bendera. Membacakan amanat Menteri Sosial Republik Indonesia, Sutiaji mengingatkan akan pentingnya membangun identitas diri bahwa semua bersaudara, sebangsa, dan setanah air.

Sutiaji berpesan, meskipun masyarakat Indonesia berbeda-beda, tetapi jangan sampai terpecah oleh perbedaan itu. Perbedaan itu menurutnya justru semakin memperkaya dan memperkuat bangsa Indonesia, masyarakat harus terus menjaga semangat gotong royong serta persatuan dan kesatuan Indonesia. Toleransi terhadap perbedaan dan hidup berdasarkan Bhinneka Tunggal Ika adalah harga mati yang harus dilakukan semua rakyat Indonesia.

Semangat, tekad dan keyakinan pahlawan, harusnya dapat menjadi inspirasi semua pihak untuk membangun identitas diri dan mengalahkan musuh bersama yang sesungguhnya, yaitu kemiskinan dan kebodohan dalam arti yang luas.

Dengan sumber daya alam yang melimpah dan letak geografis yang strategis, Sutiaji percaya bangsa Indonesia mampun memenangkan perang melawan kemiskinan dan kebodohan. “Tantangan terbesar yang dihadapi yakni dibutuhkannya kerja keras secara berkelanjutan dengan didukung inovasi dan daya kreativitas yang tinggi, serta semangat kewirausahaan yang pantang menyerah,” tegas Sutiaji.

Melalui momentum peringatan Hari Pahlawan ini, Mensos RI dalam amanatnya mengajak untuk menjadikan nilai-nilai kepahlawanan sebagai inspirasi di setiap langkah yang penuh dengan inovasi dan daya kreasi. Menurutnya setiap orang bisa menjadi pahlawan di bidang apapun, dan bahkan bisa pula memulai dengan menjadi pahlawan bagi ekonomi keluarganya dan komunitasnya.

Ia juga mengajak seluruh warga masyarakat untuk menyatukan tekad dan langkah dan secara aktif dalam membangun Indonesia lebih baik. “Kobarkan semangat, tekad, dan keyakinan para pahlawan. Jadikanlah pahlawan sebagai inspirasi di setiap langkah kehidupan kita,” pungkas Sutiaji. [SY]

 

Source: malangkota.go.id