• By: Radio Elfara

RADIO ELFARA - Pasca pandemi menjadi tantangan bagi berbagai daerah untuk memulihkan perekonomian termasuk kota Malang. Salah satu langkah antisipasi yang dilakukan kota Malang adalah dengan peningkatan kapasitas sumber daya manusia, seperti pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), pariwisata, dan layanan publik. Hal ini disampaikan oleh Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Malang Muhammad Nur Widianto, S.Sos dalam Webinar ASEAN TALK Pemulihan Pascapandemi: Peluang dan Tantangan, Selasa (31/5).

“Lalu bagaimana membangun sistem manajemen yang baik. Kita juga harus menguatkan jejaring terutama UMKM dengan industri digital. Akses pembiayaan, jurus pemantapan pemulihan ekonomi, penguatan ekosistem dan kapasitas UMKM onboarding digital serta pasar rakyat, penguatan kapasitas sumber daya manusia untuk menciptakan lapangan kerja, penguatan peran UMKM dalam penyediaan barang dan jasa pemerintah,” imbuhnya.

Sementara itu, berbagai program juga telah dilakukan oleh pemkot Malang, seperti penguatan UMKM Onboarding digital yang dilakukan dengan penyediaan permodalan melalui program OJIR, mengadakan penguatan kapasitas, pembangunan infrastruktur, memperkuat jejaring dan kemitraan, bantuan pemasaran digital, dan tentunya bantuan fasilitasi perlindungan usaha termasuk asilitasi dan sinergi penguatan UMKM Kota Malang melalui ratusan event yang melibatkan UMKM dan industri kreatif. [Az]