• By: Radio Elfara

RADIO ELFARA – Jumat (1/7) di koridor Jl. Ahmad Yani tepatnya di sekitar gerbang masuk kawasan Kemirahan, Pemerintah Kota Malang mengeluarkan tim excavator untuk melakukan pengerukan sedimen serta sampah yang berada di rawan genangan. Diah Ayu Kusumadewi sebagai Plt. Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPUPRPKP) mengatakan bahwa pengeruhan ini dilakukan sesuai arahan Wali Kota Sutiaji untuk mengurangi risiko banjir. 

Pada hari pertama pengerukan, tim excavator telah berhasil mengeluarkan material yang menghambat saluran sampai empat truk. Ternyata alat berat excavator mini ini, cukup efektif mempercepat proses pengerukan sampah serta material lainnya yang menghambat di saluran. Sehingga pengerukan ini akan dilanjutkan pada keesokan harinya. “Insyaallah besok (Sabtu) pagi pengerukan akan dilanjutkan kembali di kemirahan,” tambah Diah.

Kegiatan pengurangan risiko bencana yang terkait hidrometeorologi ini menjadi salah satu upaya Pemkot Malang sebagai bentuk antisipasi di sepanjang musim kemarau. Jadi selain adanya pengerukan dan pembersihan saluran yang sulit dijangkau, alat berat juga dilakukan satgas drainase tingkat kota, kecamatan, bahkan sampai personil kebersihan DLH, TNI/Polri dan masyarakat. [GR]