• By: Radio Elfara

RADIO ELFARA  Green flag nih, turunnya kasus covid-19 di berbagai negara utamanya ASEAN memberikan keberanian dan peluang bagi negara untuk membangkitkan ekonomi pascapandemi. Salah satu upaya yang dilakukan adalah melalui Webinar ASEAN TALK Pemulihan Pascapandemi: Peluang dan Tantangan yang diadakan Selasa (31/5). Adanya webinar ini diharapkan bisa menjadi upaya sosialisasi, edukasi, serta meningkatkan pemahaman masyarakat tentang peran dan manfaat ASEAN dalam upaya pemulihan pascapandemi Covid-19.

Salah satu narasumber yaitu Muhammad Nur Widianto, S.Sos selaku Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika kota Malang menyampaikan jika pemulihan ekonomi di kota Malang akan jadi salah satu faktor pemulihan ekonomi. Beliau percaya dengan adanya pembangunan di kota Malang akan memberikan dampak baik nasional maupun internasional sebab kota Malang adalah bagian dari Indonesia.


Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika kota Malang itu mengatakan “Kota Malang merupakan kota terbesar kedua di Jawa Timur yang menawarkan aksesibilitas dan akomodasi lengkap ke berbagai destinasi wisata. Kota Malang kini bergerak memantapkan diri menjadi kota pariwisata, kota kreatif digital, kota pendidikan, serta kota perdagangan dan jasa,” ucap Widianto.


Pria tersebut juga menjelaskan jika pandemi Covid-19 menciptakan disrupsi besar tetapi menjadi trigger untuk mempercepat digitalisasi. Saat ini kota Malang juga sedang mengalami pemulihan pascapandemi. Adanya peningkatan kapasitas sumber daya manusia, seperti pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), pariwisata, dan layanan public membuat pemulihan tersebut dapat diantisipasi.


Lalu bagaimana membangun sistem manajemen yang baik. Kita juga harus menguatkan jejaring terutama UMKM dengan industri digital. Akses pembiayaan, jurus pemantapan pemulihan ekonomi, penguatan ekosistem dan kapasitas UMKM onboarding digital serta pasar rakyat, penguatan kapasitas sumber daya manusia untuk menciptakan lapangan kerja, penguatan peran UMKM dalam penyediaan barang dan jasa pemerintah,” imbuhnya.


Dalam pemulihan ekonomi ini Pemkot Malang terus memberikan berbagai program kepada masyarakat. Penguatan UMKM Onboarding digital yang dilakukan, di antaranya penyediaan permodalan melalui program OJIR, mengadakan penguatan kapasitas, pembangunan infrastruktur, memperkuat jejaring dan kemitraan, bantuan pemasaran digital, dan tentunya bantuan fasilitasi perlindungan usaha termasuk asilitasi dan sinergi penguatan UMKM Kota Malang melalui ratusan event yang menyertakan UMKM dan industri kreatif.

Drs. Bambang Gunawan, M.Si selaku Direktur Informasi dan Komunikasi, Politik, Hukum, dan Keamanan, Kementerian Kominfo menjelaskan jika ASEAN telah berhasil menjadi lokomotif perdamaian. “Salah satu yang menjadi fokus utama kini adalah pemulihan ekonomi pascapandemi. Sesuai arahan presiden dalam rangka meningkatkan pemahaman masyarakat. Dilakukan dengan penyelenggaraan webinar ini,” tuturnya.[SC]