• By: Radio Elfara

RADIO ELFARA Pada 15-16 Juni 2022, Pemkot Malang melaksanakan acara Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) melalui bagian Organisasi Sekretariat Daerah kota Malang. Acara tersebut dilaksanakan oleh Pemkot Malang agar berkomitmen melakukan inovasi untuk berbagai sektor layanan publik.

Boedi Utomo, SE., M.Si selaku Kepala Bagian Organisasi Setda kota Malang menegaskan jika perangkat daerah dan beberapa unit layanan publik ikut serta dalam kompetisi layanan publik ini. Pemenang dari kompetisi ini akan diikutkan ke level provinsi yang sering disebut Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KOVABLIK) dan di tingkat nasional Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (SINOVIK).

Dari KIPP ini, Kota Malang telah memiliki berbagai inovasi yang sudah diakui nasional seperti inovasi Braille e-Ticket And Extraordinary Access for Visual Disabilities (Brexit) dari Puskesmas Janti, Sepasar Pedas inovasi dari Diskopindag, hingga Si Ikan Nila dari Kelurahan Bakalan Krajan,” tuturnya.

Boedi juga  menjelaskan, jika tahun ini terdapat 49 inovasi dari berbagai unit kerja dan perangkat daerah di kota Malang. Maka dari itu, total terdapat 111 inovasi di kota Malang tahun 2022 ini.

Bagian Organisasi memiliki tanggung jawab mendampingi untuk meningkatkan inovasi teman-teman. Inovasi ini juga kadang sudah ada pembaruan dan bisa direplikasi oleh unit kerja lainnya. Sehingga inovasi di satu unit kerja dapat juga menyebar dan dilakukan di tempat lain di lingkup Pemerintah Kota Malang,” ucap Boedi.

Untuk kompetisi ini, bagian organisasi melakukan persiapan terkait bimbingan teknis tentang KIPP ini yang di mana salah satu materinya adalah penyusunan proposal. Sebelum ke tahap paparan inovasi, Boedi mengungkapkan jika pihaknya juga telah melakukan seleksi administratif terhadap proposal yang diajukan peserta.

Jadi proposal peserta yang ikut paparan hari ini secara sistematik dan substansi sudah sesuai dengan yang diharapkan. Walau demikian, kami masih berikan masukan untuk lebih baik, misalnya bagaimana bagaimana komunikasi pentahelix, bagaimana manfaatnya pada masyarakat dan lainnya,” jelas Boedi. [SC]