• By: Radio Elfara

RADIO ELFARA – Kantor Wilayah (Kanwil) Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Jawa Timur III telah mencatat penerimaan Pajak Penghasilan (PPH) final dari Program Pengungkapan Sukarela (PPS). PPS ini sudah dilaksanakan dalam 6 bulan sejak 1 Januari dan berakhir 30 Juni 2022. Untuk jumlah penerimaan PPh final PPS Kanwil DJP Jawa Timur III sudah mencapai 1,1 trilliun. Tetapi jumlah ini masih dibawah yang diharapkan, karena perhitungan sebelumnya diperkirakan bisa mencapai 400 miliar rupiah. 

Sebanyak 6.846 wajib pajak, telah memanfaatkan program PPS dengan PPh final disetor 1,1 triliun rupiah. Maka dari jumlah tersebut, 4.460 wajib pajak atau 65% dari seluruh wajib pajak hanya menggunakan PPS di bulan Juni saja. Walaupun begitu, Farid tetap optimis bahwa penerimaan PPS bisa melewati angka 1,3 triliun rupiah sampai 30 Juni mendatang. Hal ini diyakini karena, penerimaan PPh PPS selama Juni 2022 sudah meningkat tajam sebanyak 423,8 persen disbanding total penerimaan PPh PPS di bulan Mei. 

Oleh karena itu untuk meningkatkan PPS, Kanwil DJP Jawa Timur III mengadakan acara gowes sekaligus Kampanye Simpatik Program Pengungkapan Sukarela di Malang dengan membagikan brosur PPS kepada masyarakat di titik-titik tertentu seperti Alun-Alun dan area Kayutangan. Bagi Elfriend yang ingin mencari informasi lebih lengkap terkait PPS ini, dapat menghubungi help desk khusus PPS dan KPP di hari Senin-Jumat pukul 08.00-16.00 WIB. Tetapi bisa juga melalui no WhatsApp yang dapat dilihat di tautan bit.ly/PPS22. [GR]