• By: Radio Elfara

RADIO ELFARA, LAGI COBA“Malang itu sebenarnya sangat kaya akan keberagaman kuliner. Beberapa diantaranya seperti cwiemie, heci, mendol, tahu lontong dan banyak lagi. Ini potensi kuliner khas Malang bisa dikreasikan atau diinovasikan bagi para UMKM,” cerita Faizal Alfa, pakar marketing kuliner & co-writer buku Laperpreneur, dalam salah satu rangkaian kegiatan Mboislisios Creative F&B Festival yaitu webinar “Kreasi Kolaborasi Kuliner Asli Daerah Bersama Tehbotol Sosro.”

Acara yang diadakan secara daring pada Senin (7/6) ini merupakan bagian dari kegiatan Locals Unites yang bertujuan untuk mengangkat potensi kuliner lokal melalui pemberdayaan UMKM dari aspek ilmu bisnis, pemasaran, branding, dan komunikasi. Chef Ari Galih selaku pembicara dari sisi chef menyampaikan bahwa kuliner khas lokal perlu mendapatkan dukungan dari berbagai pihak, seperti pelaku usaha, pemerintah, dan komunitas. Selain memberikan tips memasak kuliner khas lokal, Chef Ari juga melakukan cooking demo kreasi resep Bakpao Telo khas Malang yang dikombinasikan dengan Tehbotol Sosro. Resep kreasi tersebut dapat menjadi salah satu inspirasi para UMKM untuk dapat berkreasi dengan beragam bahan maupun olahan kuliner khas lokal.

Sementara itu dari sisi bisnis dan usaha, Jordi Onsu selaku owner dan Direktur PT. Onsu Pangan Perkasa memberikan materi tentang pentingnya branding bagi UMKM. “Sebagai pengusaha, kita harus mengenal produk usaha kita 100%. Ketika sebuah produk sudah bagus dari segi kualitas dan standarisasi, selanjutnya penting untuk memperkuat branding produk. Sehingga produk bisa lebih dikenal luas oleh masyarakat dan memiliki keunikan tersendiri dari kompetitor”, jelas Jordi Onsu.

Kurang lebih 100 pelaku UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) di bidang kuliner se-Malang Raya yang menghadiri webinar ini merasa antusias. Setelah webinar, rangkaian kegiatan Mboislisios Creative F&B Festival dilanjutkan dengan kompetisi mengembangkan dan menciptakan kreasi kuliner asli/khas lokal menggunakan produk Tehbotol Sosro. Melalui kompetisi ini, para peserta berkesempatan untuk mendapatkan pembinaan modal total senilai 150 juta bersama Tehbotol Sosro.

Kegiatan webinar, workshop dan kompetisi ini juga hadir di lima daerah lainnya seperti Solo, Yogyakarta, Majalengka, Palembang, dan Pontianak."Melalui gerakan Locals Unite, yang akan terus dilaksanakan secara konsisten, diharapkan bisa meningkatkan kecintaan pada merek-merek lokal Indonesia yang otentik, inovatif, dan kreatif, serta menjadi wadah bagi pelaku UMKM di bidang kuliner khususnya untuk dapat berdaya bersama,” jelas Sabrina Kharisanti selaku Chief Marketing Officer PT Sinar Sosro [Az].