• By: Radio Elfara

RADIO ELFARA - Mantan petinju nasional asal Malang punya bisnis yang unik dan cukup menjanjikan nih Elfriend, yaitu bisnis tikus! Berawal setelah pensiun sebagai petinju, Pak Suwaji melihat ada peluang berjualan tikus putih untuk keperluan penelitian mahasiswa kedokteran. Pada awalnya masih belum terbentuk pasar bisnis dengan baik sampai akhirnya Pak Suwaji masuk ke komunitas reptil yang membuka pasar bisnisnya semakin meluas.

Saat pasarnya mulai terbuka, Pak Suwaji mengaku mengaku sempat sakit dan dua orang pekerja yang membantunya harus pulang kampung, sehingga tikus-tikus banyak yang mati akibat kurang terawat. Setelah sembuh, beliau tidak putus asa dan bangkit lagi meski saat ini tikus dan kandang yang ada hanya 25 persen dari sebelumnya. “Lambat laun peternakan tikus saya mulai normal dan banyak diminati para pelanggan,” ujarnya.

Tikus-tikus milik Suwaji ini dipatok mulai harga Rp3.000 sampai Rp17.500. Saat ini, Pak Suwaji melayani kebutuhan tikus untuk sejumlah perguruan tinggi dan kalangan pecinta reptil hingga ke beberapa daerah di Jawa Timur, seperti Surabaya, Siidoarjo dan Jember yang mencapai 500 ekor per hari. Selain itu, tempat konservasi aneka hewan dan tempat wisata yang juga menyajikan aneka hewan di Kota Batu masing-masing setiap minggu setidaknya membutuhkan 700 ekor tikus yang dipasok oleh beliau [Az].

source: malangkota.go.id