• By: Radio Elfara

RADIO ELFARA – Senin (6/6), diadakan acara Peringatan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) di gedung Pertamina SMKN 2 Jalan Veteran, Kota Malang dengan senam bersama, sarasehan, pemeriksaan kesehatan dan vaksinasi. Acara ini tidak hanya diramaikan oleh masyarakat tetapi Wali Kota Malang Drs. H. Sutiaji beserta istrinya, Wakil Wali Kota Malang Ir. H. Sofyan Edi Jarwoko dan beberapa kepala perangkat daerah lainnya juga ikut meramaikan dengan senam bersama. 

Dalam sambutannya, Sutiaji menyampaikan pesan bahwa para lansia harus menjaga kesehatan agar saat menjalani kehidupan di masa tuanya bisa lebih tenang dan nyaman. “Sejauh ini kami dari Pemkot Malang sudah memberi perhatian yang cukup besar bagi para lansia. Seperti pembangunan tempat hunian dan atau panti jompo, akses layanan kesehatan, pelatihan dan berbagai bantuan. Keberadaan posyandu lansia pun telah dimaksimalkan. Sehingga ke depan diharapkan kehidupan lansia lebih baik lagi, begitu juga dari sisi ekonominya,” jelas Sutiaji. 

Di samping itu, Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinsos P3AP2KB) Dra. Penny Indriani, MM mengatakan bahwa jumlah lansia di Malang sekitar 106 ribu atau 12,5 persen dari jumlah penduduk. Kondisi lansia mayoritas sehat secara jasmani maupun rohani. Diharapkan dari acara yang telah diikuti 175 lansia ini dapat meningkatkan silaturahmi, membangun kepercayaan diri serta lebih sehat. “Gelaran ini juga sebagai wujud penghormatan pemerintah dan untuk menguatkan program Kota Malang sebagai kota ramah lansia,” imbuh Penny. [GR]