• By: Radio Elfara

RADIO ELFARA - Penuh dedikasi, selama libur panjang Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah kemarin, petugas kebersihan Pemerintah Kota (Pemkot) Malang tetap menjaga lingkungan bersih dan nyaman Elfriend. Salah satu respon cepat yang dilakukan seperti aksi pembersihan Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) di Jalan Merdeka Utara (5/5). “Pagi sekitar pukul 08.00 WIB, kami berkoordinasi dengan tim Diskominfo terkait laporan masyarakat lewat medsos. Langsung kita tindaklanjuti satu tim dan truk tangki air untuk pembersihan kotoran. Pukul 11.00 WIB sudah bersih kembali,” terang Drs. Wahyu Setianto, MM, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Malang.

Identifikasi awal petugas, gangguan kebersihan JPO di sekitar Alun-Alun Malang terkait Orang dengan Gangguan Jiwa (ODGJ). Lebih lanjut pihak dari Dinas Lingkungan Hidup akan berkoordinasi dengan Satpol PP dan Dinas Sosial P3AP2KB untuk ke depannya. 

Di samping itu, selama libur lebaran terpantau volume sampah naik dibanding volume normal 600 ton per hari. Untuk mengatasi hal tersebut sekaligus menjaga lingkungan selama Idulfitri,  Kepala Bidang Kebersihan dan Limbah B3, Drs. Sunarka, M.AP menerjukan 800 petugas di seluruh wilayah kota dalam tiga shift kerja. “Mulai sebelum subuh sampai tengah malam malam. Kalau libur sehari saja pasti sampah menumpuk. Jadi silaturahmi kita gantian, yang penting pelayanan tetap jalan,” beber Sunarka. [Az]