• By: Radio Elfara

RADIO ELFARA – Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (Dispangtan) Malang, melakukan edukasi terkait wabah penyakit mulut dan kuku (PMK) hewan ternak. Kepala Dispangtan Sri Winarni, SH.,MM menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan rangkaian untuk menyambut Hari Raya Iduladha. “Hari ini kami berbagi ilmu kepada para takmir masjid di Kota Malang yang nantinya akan menjadi panitia penyembelihan hewan kurban,” terang Sri Winarni.

Edukasi yang diberikan oleh Dispangtan, tentang cara pemeriksaan antemortem dan postmortem. Hal ini dilakukan supaya saat hewan kurban disembelih, masyarakat sudah mengerti terkait wabah PMK ini. Lalu untuk kedepannya, akan ada pemeriksaan di tempat penjualan kurban. “Ke depan akan ada pemeriksaan kesehatan hewan kurban di lapak-lapak penjualan hewan kurban,” imbuh Sri Winarni. Selanjutnya juga ada pendampingan dan monitoring di tempat penyembelihan hewan kurban, mulai dari H-1 sampai hari H. 

Ternyata hadir juga dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) kota Malang, BBPP Songgoriti sebagai narasumber. Tentu saja diikuti oleh 50 peserta dari lima kecamatan kota Malang. Melalui kegiatan ini, Sri berharap para peserta yang ikut dapat membagikan ilmunya. Kami berharap setelah mengikuti kegiatan ini para peserta bisa berbagi ilmu di wilayah masing-masing. Sehingga ilmunya bisa lebih banyak lagi membawa manfaat,” tegas Sri Winarni. [GR]