• By: Radio Elfara

RADIO ELFARA – Kelompok Kerja (Pokja) Bunda PAUD dan Bunda Paud Kecamatan, Bunda PAUD Kelurahan se-Kota Malang dilantik dan dikukuhkan di Mini Block Office Balai Kota Malang, Kamis (7/10). Pokja Bunda PAUD dan Bunda PAUD Kecamatan serta Bunda PAUD Kelurahan se-Kota Malang ini dikukuhkan oleh Bunda PAUD Kota Malang Widayati, S.Sos., MM dan pengukuhannya disaksikan oleh Wali Kota Malang Drs. H. Sutiaji.

Pokja ini dijadikan saran dalam menata nasib bangsa Indonesia ke depan dengan membentuk manusia-manusia yang unggul. Sutiaji menambahkan, pokja adalah bentuk amanah yang luar biasa karena tugas besar dan mulai ini tidak semua orang berkesempatan untuk melakukannya. “Ayo kita kuatkan! Mudah-mudahan amanah ini dapat dimanfaatkan sebaik mungkin,” kata Sutiaji.

Sutiaji percaya ada tiga hal yang menjadi kunci keberhasilan, yakni pertama memiliki keyakinan atau idealisme. Lalu yang kedua memiliki cara atau strategi yang tepat karena di tiap daerah memiliki karakteristik yang berbeda. Dan yang ketiga adalah kompak, rukun, dan saling bantu-membantu.

Dalam penerapannya, nantinya Bunda PAUD ini tidak hanya sekedar mengajar saja melaikan juga melihat bagaimana asupan gizi anak usia disni dan lain-lain. Karena salah satu faktor yang berpengaruh terhadap peningkatan pendidikan usia dini, adalah dari asupan gigi.

Bunda PAUD Kota Malang Widayati juga berpesan kepada Pokja Bunda PAUD dan Bunda PAUD Kecamatan serta Bunda PAUD Kelurahan se-Kota Malang yang baru dikukuhkan, untuk segera bergerak cepat dengan mengambil langkah awal membuat program kerja. Agar satuan PAUD yang ada di Kota Malang dapat sukses menjalankan amanahnya, Pokja Bunda PAUD harus bersinergi dengan Bunda PAUD.

“PAUD berkualitas ini merupakan program nasional sehingga daerah harus turut menyukseskan. Untuk mendukung hal tersebut, saya berharap di era digitalisasi seperti saat ini semuanya harus berbasis IT, salah satunya adalah pembuatan laporan. Jadi, nanti akan menggandeng Dinas Kominfo yang akan membuatkan dashboard aplikasinya,” jelas Widayati.

Jika kedepannya pokja sudah berjalan dengan baik, nantinya akan segera dibentuk PAUD holistik integratif yang kegiatannya lebih menyeluruh yang mencakup layanan gizi dan kesehatan, pendidikan dan pengasuhan, dan perlindungan. Hal ini untuk mengoptimalkan semua aspek perkembangan anak yang dilakukan secara terpadu oleh berbagai pemangku kepentingan di tingkat masyarakat, pemerintah daerah, dan pemerintah pusat.

Ketua Pokja PAUD Kota Malang sekaligus Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Suwarjana, SE., MM akan berupaya secara maksimal mengerahkan potensi yang ada secara optimal dengan mengedepankan pola bekerja bersama, bersama bekerja agar harapan pembina sekaligus Wali Kota Malang, Bunda PAUD Kota Malang serta masyarakat luas dapat terwujud. [SY]


source: malangkota.go.id