• By: Radio Elfara

RADIO ELFARATechnology for Empowerment and Social Transformation menjadi tema dalam Dies Natalis ke-40 Binus di mana Binus University terus berkomitmen untuk berkontribusi nyata bagi masyarakat Indonesia secara holistik. Komitmen itu juga dituangkan dalam visi BINUS 2035 yaitu menghadirkan inovasi dan solusi melalui sumber daya manusia, pengetahuan, teknologi, sistem dan proses yang terintegrasi.

Selama ini, beberapa kontribusi nyata Binus telah dirasakan oleh masyarakat luas seperti inovasi NAYAKALARA-Robot Pendukung Tenaga Medis Membasmi COVID-19, dan Alat Baca Suhu V.4 yang dikembangkan oleh tim Prof. Dr. Ir. Widodo Budiharto, S.Si., M.Kom., profesor di program studi Computer Science BINUS UNIVERSITY. Sebanyak 20 robot NAYAKALARA telah disalurkan dan digunakan di sembilan rumah sakit di Indonesia seperti di Jakarta, Bekasi, Bandung, Pekalongan, Semarang, Malang dan Sidoarjo.

"Semangat fostering & empowering di BINUS UNIVERSITY memerlukan dukungan teknologi. Teknologi dapat berperan memberdayakan sekaligus transformasi sosial masyarakat. Di masa pandemi, masyarakat butuh dukungan dari semua sektor termasuk perguruan tinggi. Bentuknya bisa melalui catur dharma lulusan, riset, dan lainnya," ujar Prof. Dr. Ir. Harjanto Prabowo, M.M., selaku Rektor BINUS UNIVERSITY.

Dalam dies natalisnya, Binus juga menghadirkan momen Bersyukur, Menghargai, dan Berkomitmen. #BINUSBersyukur, sebagai bentuk rasa syukur empat dekade berkontribusi bagi pembangunan di Indonesia. #BINUSMenghargai, bentuk apresiasi dan rasa terima kasih BINUS University terhadap kontribusi staff, dosen, mahasiswa dan alumni. Serta, #BINUSBerkomitmen, komitmen untuk empowering melalui kolaborasi dengan industri dalam menjawab tantangan ke depan [Az].