• By: Radio Elfara

RADIO ELFARA – Demi membantu meringankan beban anak yatim/piatu yang orang tuanya telah meninggal dunia akibat Covid-19, Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Malang menyerahkan bantuan beasiswa kepada mereka. Beasiswa ini diserahkan di MAN 2 Kota Malang, Rabu (15/12).

Ketua Baznas Kota Malang Sulaiman mengatakan, saat ini terdapat 200 bantuan beasiswa untuk anak-anak yang menjadi yatim/piatu karena orang tua mereka meninggal akibat Covid-19. Bantuan yang diberikan ini berasal dari dana yang dikumpulkan Baznas Kota Malang dari aparatur sipil negara (ASN) Kota Malang.  “Kami dari Baznas menyalurkan bantuan kepada anak-anak yatim/piatu yang saat situasi pandemi orang tuanya meninggal dunia,” terang Sulaiman.

Siswa yang mendapatkan santunan ini terdiri mulai dari siswa sekolah dasar (SD) sederajat dan sekolah menengah pertama (SMP) sederajat. Sedangkan untuk siswa sekolah menengah atas (SMA) sederajat akan difasilitasi oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Malang. “Hari ini secara simbolis diberikan kepada 52 anak jenjang SD dan SMP sederajat. Selanjutnya akan diberikan lagi kepada 50 anak, sehingga 200 anak yang terdata tuntas,” ujar Sulaiman.

Bantuan beasiswa kepada anak-anak dari korban Covid-19 selaras dengan harapan Pemkot Malang, yakni untuk menguatkan dan meringankan beban anak-anak yang ditinggalkan oleh orang tua mereka akibat pandemi Covid-19 sejak 2019 lalu. Sulaiman juga mengungkapkan rasa bersyukur dan terima kasihnya kepada ASN Kota Malang atas sumbangan yang diberikan.

Bantuan beasiswa diterima masing-masing Rp3 juta yang pembagiannya dibagi selama enam bulan sebesar Rp500.000,00. “Nanti uangnya masuk ke Bank Jatim dan hanya bisa diambil per bulan. Dana ini diberikan kepada anak-anak yatim/piatu yang berasal dari kalangan tidak mampu,” pungkas Sulaiman. [SY]

 

Source:malangkota.go.id