• By: Radio Elfara

RADIOELFARA – Sebagai anak muda, Elfriend pasti merasakan bagaimana inovasi teknologi sangat berdampak bagi kehidupan sehari-hari kita. Hanya dengan telpon genggam semua kebutuhan kita dapat terpenuhi. Hal tersebut tidak lepas dari peran perusahaan teknologi digital yang inovatif, khususnya startup. Startup adalah perusahaan atau bisnis rintisan baru, akhir-akhir ini istilah startup sendiri lebih dekat kaitannya dengan perusahaan yang produknya berbasis teknologi.

Menyadari pentingnya peran teknologi yang inovatif, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) giat menyerukan program ‘Gerakan Nasional 1.000 Startup Digital’. Kota Malang dan Surabaya dipilih menjadi pilot project di Jawa Timur, kedua kota tersebut dinilai memiliki potensi besar karena kaum mudanya yang mempunyai kreativitas tinggi.

Setidaknya hal itu yang disampaikan Amanda Egatya selaku Regional Officer Malang program tersebut saat melakukan audiensi dengan Wali Kota Malang di ruang kerjanya di Balai Kota Malang. Amanda mengaku jika dukungan dari Pemkot Malang sangat dibutuhkan.

“Pak wali kota kan juga sangat peduli dengan kaum muda yang kreatif. Terlebih kaum muda Kota Malang mempunyai potensi tinggi sehingga tepat ketika kami datang ke beliau agar program ini berjalan optimal. Sejauh ini kami pun telah datang ke sejumlah perguruan tinggi untuk menyosialisasikan program ini,” ungkap Amanda, Senin (6/9).

Amanda memperkirakan setidaknya ada sekitar 3.000 mahasiswa yang berminat mengikuti program ini. Dengan dukungan dari Wali Kota Malang dan Diskominfo, Ia optimis setidaknya ada 500 startup yang akan terjaring dari Kota Malang. Audiensi tersebut disambut baik oleh Wali Kota Malang yang mengatakan jika pihaknya akan mendukung sepenuhnya. “Kota Malang sempat menjadi percontohan nasional, sehingga kalau bicara kreativitas kaum muda tidak diragukan lagi,” jelas Wali Kota Malang, Drs. H. Sutiaji.

Di samping itu, menurut Drs.H. Sutiaji, perkembangan teknologi dan informasi saat ini sangat luar biasa. Sesuai jargon program ini, yaitu ‘Indonesia Maju, Mulai dari Kamu’ akan semakin meneguhkan Kota Malang sebagai kota kreatif. “Di era seperti saat ini, jika kita tidak kreatif, maka akan tergerus oleh perkembangan dan kemajuan teknologi informasi,” papar Sutiaji.

Kepala Diskominfo Kota Malang, Muhammad Nur Widianto, juga mendukung pernyataan tersebut. Baginya perkembangan digitalisasi yang sangat pesat dan tidak bisa dipungkiri harus dapat dioptimalkan oleh anak yang memiliki banyak potensi. Elfriend yang memiliki kreativitas tinggi juga harus turut serta terlibat program inovatif ini ya! [SY].

 

Source: malangkota.go.id