• By: Radio Elfara

RADIO ELFARA -   Sebanyak 1.170 anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) dari 378 desa dan 12 kelurahan di Kabupaten Malang untuk Pemilu 2024 resmi dilantik dan diambil sumpahnya. Pelantikan ini digelar di Dome Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), pukul 10.30. (24/1/2023)


1.170 PPS dilantik langsung oleh Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Malang, Anis Suhartini. Mereka akan melaksanakan tugas mereka terhitung mulai hari ini, 24 Januari 2023 hingga 4 April 2024.


Pelantikan ini juga dihadiri oleh Wakil Bupati Malang, Didik Gatot Subroto, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Malang Shodiqul Amin, Komisioner KPU Provinsi Jawa Timur dan Komisioner KPU Kabupaten Malang, serta perwakilan 18 partai politik yang akan mengikuti Pemilu 2024.


Di dalam sambutannya, Anis mengatakan bahwa pelantikan dan sumpah janji ini merupakan pelaksanaan amanah dari Pasal 73 Undang-undang nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilu yang menyatakan bahwa sebelum melaksanakan tugasnya, PPS mengikuti pelantikan dan sumpah janji. “Ini adalah tonggak awal dimulai masa kerja panjenengan semua. Selama 14 bulan Bapak/Ibu semua akan menjadi keluarga besar KPU Kabupaten Malang” ujar Anis kepada para PPS yang baru dilantik.


Anis berharap para PPS bisa mengemban amanah mereka dengan baik dan melaksanakan tugasnya dengan penuh integritas. “Kami sebagai penyelenggara merupakan kebanggaan sendiri sekaligus tantangan, bagaimana kita bisa memberikan dedikasi dengan melaksanakan prinsip-prinsip sebagai penyelenggara dan melaksanakan tugas berdasarkan integritas. Mudah-mudahan ini bisa dijalankan dengan baik,” kata Anis. [KT]