• By: Radio Elfara

RADIO ELFARA Elfriend, saat ini kasus covid-19 di 38 kabupaten/kota di Jawa Timur semakin menurun, sudah tidak ada lagi daerah yang menerapkan PPKM level 4. Meskipun begitu, penanganan dan pengendalian kasus Covid-19 terus digencarkan, pasalnya pemerintah pusat ingin mencegah pelonjakan penularan Covid-19 sehingga masyarakat dihimbau untuk tetap waspada.

Terkait hal itu, pemerintah pusat melalui Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) meluncurkan gerakan mobil masker bagi masyarakat di pendopo Kabupaten Malang, Sabtu (11/9). Sebanyak 500 ribu masker dibagikan kepada masyarakat sebagai salah satu upaya untuk menekan dan mengendalika penyebaran virus Covid-19 sekaligus sebagai wujud kepedulian pemerintah terhadap masyarakat.

Pada peluncuran program ini, Kepala BPNB Letjend TNI Ganip Warsito, Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo dan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa secara simbolis memberangkatkan puluhan mobil yang akan membagikan masker.

Pada momen tersebut, Panglima TNI Hadi Tjahjanto mengingatkan masyarakat untuk jangan lengah dan selalu disiplin menerapkan protokol kesehatan. Meski kasus Covid-19 saat ini di sejumlah daerah termasuk di Jawa Timur menurun, Panglima Hadi menegaskan bahwa pandemi masih belum berakhir sehingga semua harus bergerak bersama agar pandemi dapat berakhir.

“Hasil assessment kementerian kesehatan bahwa hampir seluruh kabupaten atau kota di Jawa Timur mengalami tren yang baik yaitu penurunan level dari 4 ke 3,2 dan bahkan 1. Untuk itu saya ingin mengingatkan sekali lagi bahwa pandemi Covid-19 belum selesai. Oleh sebab itu kita harus menjaga protokol kesehatan dengan cara menggunakan masker,” papar Hadi.

Apresiasi positif juga disampaikan oleh gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa. Khofifah memaparkan, meski vaksinasi terus digencarkan dan kekebalan kelompok terus terbentuk. Namun penerapan protokol kesehatan secara ketat termasuk berdisiplin dalam menggunakan masker harus tetap dilaksanakan. Pasalnya, dengan menggunakan masker adalah salah satu bentuk kepedulian kita untuk masyarakat yang terbebas dari Covid-19.

Program mobil masker kepada masyarakat ini disyukuri dan didukung sepenuhnya oleh Wakil Wali Kota Malang Ir. H. Sofyan Edi Jarwoko. Edi menyampaikan, program ini sangat positif dan akan terus menekan kasus-kasus Covid-19, khususnya di Malang Raya. “Kami tentu akan mendukung sepenuhnya, sehingga semua lapisan masyarakat taat dalam penerapan protokol kesehatan,” ungkap Edi.

“Hingga saat ini kasus Covid-19 di Kota Malang terus menurun drastis, pasien yang menghuni tempat isolasi terpadu, rumah sakit rujukan serta kasus kematian terus menurun. Meski demikian kita tidak boleh kendor dalam menerapkan protokol kesehatan, agar tren penurunan tersebut terus terjaga dengan baik,” pungkas Edi. [SY]

 

Source: malangkota.go.id