• By: Radio Elfara

RADIO ELFARA – Berita baik nih Elfriend, kota Malang akan ketambahan taman kota atau alun-alun baru. Ide pembangunan ini muncul dari pemikiran Pak Sutiaji tentang pentingnya ruang interaksi dan wisata, yang terintegrasi dengan berbagai infrastruktur strategis lain di Kedungkandang, seperti Jembatan Kedungkandang, GOR Ken Arok, dan Islamic Center. Wali Kota Malang percaya adanya integrasi penting untuk tumbuhnya ekonomi di daerah Kedungkandang. Apabila diramu dengan baik, maka investasi akan mengalir deras. Hal ini disampaikan pada saat Focus Group Discussion (FGD) tentang desain alun-alun Kedungkandang, Rabu (15/9).

Namun Elfriend harus sedikit bersabar, alasnnya alun-alun Kedungkandang direncanakan mulai dibangun tahun depan di lahan seluas 4,6 hektar. Merupakan bagian komitmen pemerataan pembangunan di Kota Malang, alun-alun ini direncanakan memiliki beberapa zona. Zona utama akan menjadi landmark, lalu terdapat berbagai fasilitas yang akan dibangun dalam konsep tiga zona fungsi utama. Ada zona anak yang mencakup area bermain dan taman baca, zona dewasa dengan amphitheater, sarana olahraga outdoor dan ruang multifungsi, dan zona remaja yang akan diisi fasilitas olahraga permainan seperti skatepark dan futsal.

Wali Kota Sutiaji juga mengingatkan bahwa alun-alun tetap menjadi ruang terbuka hijau, sehingga harus diperhatikan aspek ekologis seperti proporsi area hijau, pemilihan perkerasan yang ramah lingkungan serta pemilihan vegetasi yang tepat. Sutiaji juga menambahkan, bahwa prasarana penunjang juga harus difasilitasi agar alun-alun ini nantinya dapat digunakan untuk acara-acara tertentu.

 “Maka dari itu, detail prasarana penunjang seperti sound system, CCTV, lampu penerangan dan kelistrikan juga disiapkan sebaik mungkin. Jadi nantinya kalau ada event musik, budaya atau lainnya tidak perlu repot,” ujar Sutiaji.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Malang Drs. Wahyu Setianto, MM memastikan akan terus dibuka ruang dialog agar aspirasi masyarakat, utamanya di sekitar lokasi rencana pembangunan dan isu strategis seperti penataan parkir, sirkulasi kendaraan, dan peran UMKM lokal dapat diinventarisir dan diakomodir sesuai ketentuan yang berlaku.

Dengan begitu keberadaan alun-alun Kedungkandang akan menghidupkan pariwisata Kota Malang dan ekonomi di daerah sekitarnya. Kalau alun-alun ini sudah jadi, Elfriend jangan sampai tidak mampir ya! [SY]

 

Source: malangkota.go.id