• By: Radio Elfara

RADIO ELFARA - Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Malang kembali menggelar program sambang kelurahan yang sebelumnya sudah dilakukan sejak bulan september lalu. Program ini merupakan inovasi dari Bapenda dalam rangkat merealisasikan target pendapatan pajak tahun ini sebesar Rp462 miliar.

Terkait hal itu, Kepala Bapenda Kota Malang, Dr. Handi Priyanto, AP., M.Si, mengatakan layanan ini merupakan upaya untuk mendekatkan pelayanan pembayaran Pajak Bumi Bangunan (PBB). Dari layanan ini, para wajib pajak juga dapat memecah sertifikat tanah dari induk objek pajak.

“Selain itu, jika ada ketidaksesuaian luasan maupun kepemilikan, juga dilayani oleh petugas Bapenda. Jadi, Bapenda sambang kelurahan ini tidak hanya melayani pembayaran PBB,” ujar Handi, Jumat (8/10).

Meski selama ini Bapenda telah menyediakan layanan pembayaran pajak via online, namun warga wajib pajak ternyata juga masih antusias untuk membayar pajaknya melalui program ini. Salah satu yang menjadi daya tarik melalui program ini adalah setelah membayar pajak warga mendapat hadiah seperti payung, masker, hand sanitizer, dan cangkir.

Layanan ini tersedia tidak hanya bagi warga kelurahan di mana program sambang kelurahan hadir, tetapi warga di sekitar kelurahan terdekat juga bisa ikut berpartisipasi membayar pajak. Seperti ketika Bapenda sambang kelurahan ada di Kantor Kelurahan Kedungkandang, maka warga Kelurahan Sawojajar atau Buring juga diperbolehkan untuk ikut.

Dengan tidak adanya pembatasan ini, pihak Bapenda justru meraih pendapatan pembayaran pajak dengan jumlah yang lebih optimal. Bahkan banyak wajib pajak membayar pajak di luar prediksi, seperti pajak rumah sewa/indekos, pajak resto, dan reklame.

Dari sembilan sumber pendapatan pajak, disampaikan Handi, pajak BPHTB, resto hotel dan PBB berkontribusi besar dalam meraih pendapatan pajak. “Dari target Rp462 miliar hingga saat ini sudah terealisasi sekitar Rp300 miliar dan hingga akhir tahun kami optimis target tersebut terealisasi,” ungkap Handi. [SY]

 

Source: malangkota.go.id