• By: Radio Elfara

RADIO ELFARA - Makan nasi goreng tapi dibikin sama robot pengaduk? wah gimana ya rasanya? eits ... di Malang ada lho Elfriend, nasi goreng yang lagi viral karena dibuat pake robot pengaduk. Nasi goreng ini tepatnya berlokasi di Jl. Muharto Gg 5, daerah Stasiun Kota Lama.

Penggunaan robot pengaduk ini bukan tanpa sebab Elfriend. Hal ini dikarenakan kecelakaan yang dialami Pak Dartadi, penjual nasi goreng ini, yang menyebabkan tangan kirinya susah digerakkan. Kecelakaan terjadi di tahun 2019, di mana saat itu beliau mengendarai motor tanpa henti selama empat jam ke Madura. Mungkin karena lelah, akhirnya motor jatuh dan mengakibatkan tulang lengan kirinya patah. 

Walaupun sudah melakukan operasi pemasangan pen dan terapi, namun tangan kiri Pak Dartadi nggak bisa seperti sedia kala. Akhirnya beliau meninggalkan pekerjaannya sebagai penjual nasi goreng, yang sudah digeluti sejak tahun 2016. Ketika memutuskan berhenti, ternyata banyak pelanggan yang meminta Pak Dartadi berjualan nasi goreng. Pak Dartadi kemudian mencoba berjualan lagi dengan mempekerjakan orang, namun banyak pelanggan komplain karena rasa nasi gorengnya tak seperti dulu. 

Ide robot rakitan kemudian muncul agar beliau tetap bisa meracik sendiri nasi gorengnya. Percobaan awal di tahun 2020 dengan onderdil sepeda motor sempat tidak berhasil. Namun beliau nggak menyerah. Enam bulan setelah berbagai uji coba, akhirnya robot pengaduknya bisa benar-benar digunakan.

Robot pengaduk ini sendiri bentuknya seperti tangan robot Elfriend. Dengan poros di bagian langit gerobak dan rangkaian beberapa spatula yang membentuk jari tangan. Saat dihubungkan dengan sumber daya, robot akan berputar pelan di atas wajan seperti jari robot.

Wah inspiring banget ya Elfriend. Dari beliau kita juga belajar nggak pantang menyerah dan berani berinovasi dengan berbagai teknologi yang ada! Jadi kepingin nasi goreng deh ... [Az]

source: revan.z22