Tiga tahun berlalu semenjak Kodaline merilis album “Coming Up for Air” (2015). Setelah jeda yang cukup panjang, maka sudah waktunya band rock asal Irlandia ini kembali ke dunia musik. Memang di pertengahan lalu mereka sempat merilis single baru berjudul ‘Brother’, namun setelahnya band kembali vakum.

“Sudah cukup lama semenjak kami merilis album kedua,” kata sang vokalis dan frontman, Steve Garrigan. “Tapi kami merasa perlu untuk membutuhkan waktu panjang guna meyakinkan jika album nantinya yang terbaik yang pernah kami kerjakan! Kami sangat senang dengan albumnya dan tidak sabar orang-orang untuk mendengarnya.”

Kini mereka kembali dengan single baru lagi. Berjudul ‘Follow Your Fire’. Dirilis pada Jumat, 23 Maret, single disebutkan sebagai pengantar untuk album ketiga Kodaline yang rencananya akan dirilis di musim panas mendatang. Berbeda dengan track-track Kodaline terdahulu, band melakukan eksplorasi musikalitas yang cukup berani dalam ‘Follow Your Fire’. Setidaknya untuk band sejenis Kodaline.

Alih-alih rock (tenang, rock masih tetap ada mewarnai), dalam ‘Follow Your Fire’ yang bercorak balada ini Kodaline malah menghadirkan sebuah warna pop-tropical. Tentunya gaya bernyanyi Steve masih tetap sama dan khas. Bahkan sebenarnya jika musik latar diganti menjadi rock organis sebagaimana usungan Kodaline lagu tetap terdengar menarik. Hanya saja, pemilihan warna musik berbeda ini pastinya layak disambut hangat.