• By: Radio Elfara

RADIO ELFARA – Dinas Kesehatan (Dinkes) kota Malang akan melaksanakan vaksinasi Covid-19 untuk anak usia 6 tahun ke atas. Program ini dilaksanakan oleh Dinkes yang bekerja sama dengan Ikatan Luhur Nusantara (ILUNA), Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) kota Malang, dan Kementerian Agama kota Malang.

Meifta Eti Winindar, S.ST., MM selaku Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan kota Malang menyampaikan jika Pemkot Malang akan terus berupaya dalam pencegahan dan pengendalian Covid-19, terlebih untuk anak di bawah umur. “Kita akan berupaya agar pencegahan Covid-19 pada anak usia 6 tahun bisa dilakukan. Dinkes menjalin komunikasi dengan lintas sektor, terutama dengan sasaran di bawah Disdikbud dan Kemenag, terkait jumlah dan nama sudah teridentifikasi. Untuk expired date logistik vaksin 14 September 2022, sehingga bisa dilakukan sampai dosis kedua,” jelasnya.

Meifta juga menjelaskan bahwa rencananya vaksinasi dosis pertama akan dimulai pada tanggal 14 Agustus 2022 mendatang. “Nanti akan diatur sehingga siswa sasaran bisa mendatangi fasilitas kesehatan terdekat dengan lokasi sekolah atau sesuai hasil diskusi pada rapat koordinasi ini.” Sambung Meifta.

Di sisi lain, drg. Muhammad Zamroni selaku Plt. Kepala Sub Substansi Surveilans dan Imunisasi menyatakan jika jenis vaksin yang akan diberikan adalah vaksin Sinovac. “Pemberian vaksin ini ditujukan untuk siswa baru dan yang kemarin belum mendapat, jadi bisa dapat vaksin susulan sekarang,” ucapnya.

Ia menyampaikan jika vaksin Sinovac yang akan diberikan tersedia di Dinkes kota Malang untuk vaksinasi anak usia > 6 tahun 22.908 dosis. Sedangkan jumlah total sasaran vaksinasi anak 8.534 yang terdiri dari 5.072 siswa RA/MI di bawah Kementerian Agama serta 3.462 siswa TK dan SD di bawah Disdikbud kota Malang.

Vaksin Covid-19 untuk anak-anak dapat mencegah anak-anak menularkan virus kepada orang dewasa yang rentan. Maka dari itu dengan adanya vaksin kepada anak-anak diharapkan rantai penularan Covid-19 dapat diputus. Pentingnya vaksin kepada anak-anak di bawah umur maka Dinkes bersama lintas sektor di kota Malang siap menggelar vaksinasi serentak bagi anak.

Oleh karena itu, Dinkes menyelenggarakan rapat koordinasi ini menghadirkan lintas sektor yakni dari fasilitas kesehatan dan sekolah-sekolah tingkat TK/RA dan SD/MI, dan Kelompok Kerja Kepala Sekolah (K3S) masing-masing kecamatan di kota Malang,” Tutup Zamroni. [SC]