• By: Radio Elfara

RADIO ELFARA - Suasana pedesaan yang sangat sejuk di kota wisata Batu seringkali banyak diinginkan oleh warga perkotaan. Bagi Elfriend yang pengen ngerasain sensasi dinginnya kota wisata Batu, mungkin Bata Merah Guest House & Camping Ground di desa Gunungsari, Kecamatan Bumiaji Kota Batu bisa menjadi destinasi rujukan. Bertempat di Jalan Mawar Putih, Dusun Kapru, Desa Gunungsari, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, Jawa Timur. Bata Merah memiliki konsep guest house dan tempat untuk berkemah. Bata Merah memiliki area yang cukup luas, yakni kurang lebih 1,2 hektar.


General Manager Bata Merah Guest House & Camping Ground, Natalina, mengatakan konsep yang diusung adalah Mulih Ndeso, atau pulang ke desa, disebut begitu dikarenakan tamu yang datang ke Bata Merah guest house bukan hanya dianggap sebagai seorang raja atau tamu, tetapi dianggap sebagai saudara, sehingga ketika memasuki Bata Merah guest house dan camping ground ini, sapaan hangat hingga membantu apa yang dibutuhkan oleh tamu akan selalu diupayakan oleh pihak pengelola penginapan.


Ada banyak kamar yang bisa dinikmati oleh calon tamu, total ada 19 kamar. Jika wisatawan ingin menikmati suasana tidur di luar ala camping, pengelolaan Bata Merah guest house dan camping ground ini memiliki 6 kamar dengan konsep camping ground. “Kita disini ada 19 kamar dan 6 unit camping ground dengan memiliki masing-masing karakter, untuk paket kamar kita punya namanya rumah kayu, yang konsep bangunannya memang lebih dominan kayu. Kalau yang rumah bata merah itu lebih dominan ke tembok, yang ketiga adalah camping ground jadi orang familiar dengan tenda,” ungkap Natalina.


Rumah Bata dan Rumah Kayu memiliki sejumlah fasilitas penunjang. Antara lain, air panas, bathroom amenities (soap, shampoo, dental kit, dan towel), dua botol air mineral, televisi dengan channel lokal, water heater dengan dua cangkir, kopi teh gula, makan pagi dua orang atau tanpa makan pagi, dan WIFI. Untuk tipe tenda terdiri dari enam unit tenda. Masing-masing tenda ada dua kamar dengan kapasitas per kamar dua orang dan kapasitas maksimal empat orang.


Bata Merah Guest House & Camping Ground juga memiliki berbagai fasilitas umum untuk melengkapi kebutuhan tamu. Bata Merah juga bisa melayani untuk penyedian halfday atau full meeting, makan siang atau malam serta paket- paket lainnya. Untuk tipe tenda terdiri dari enam unit tenda. Masing-masing tenda ada dua kamar dengan kapasitas per kamar dua orang dan kapasitas maksimal empat orang.


Untuk menginap di Bata Merah Guest House ini dimulai dari harga Rp. 275.000 untuk weekday dan Rp. 325.000 untuk weekend, dari manajemen Villa Bata Merah menyarankan pemesanan dilakukan jauh hari, terutama saat ingin menginap di akhir pekan karena hampir setiap weekend seluruh kamar di Bata Merah Guest House selalu penuh terisi tamu.


Berikut fasilitas umum di Bata Merah Guest House & Camping Ground:

RESTO ATAS / HALL SEMI OUTDOOR ( Lantai 2 )

- Memiliki kapasitas 60 orang untuk Restaurant Style

- Memiliki kapasitas 40 orang untuk class room Style

- Memiliki kapasitas 125 orang untuk Theatre Style


RESTO BAWAH ( Lantai 1 )

- Memiliki kapasitas 15 orang untuk Restaurant Style

- Memiliki kapasitas 25 orang untuk theatre Style


PUJASERA

- Salah satu unit usaha dari F&B untuk menambah pendapatan dengan menu-menu sederhana dan merakyat, seperti Nasi gr, Bakmi gr,tahu telor. Gorengan dan minuman

- Dikerjakan oleh team dapur dan dibantu oleh team yang lain


Kapasitas tempat parkir :

15-20 Mobil kecil / pribadi [KT]