Konser tunggal yang diadakan Marcell di Kuala Lumpur pada 23 September 2017 lalu sukses besar. Sebuah pencapaian karir luar biasa dari Marcell Siahaan untuk bisa membuat konser tunggal di negeri orang dan membuahkan hasil “all tickets sold out”.

Lantas dengan segala pencapaian yang diraihnya di lima belas tahun berkarir ini, apakah membuat Marcell mengendurkan gairahnya dalam berkarya? Tentu saja tidak. Karena di awal tahun 2018 ini Marcell langsung merilis sebuah single terbaru  yaitu “Rozana”. Lagu ini sejatinya menjadi salah satu lagu

dari album Marcell yang akan dirilis pada tanggal 21 September mendatang. Pada tanggal yang sama Marcell juga akan melepas single kedua dari album tersebut yang berjudul “Putri Remaja”.

Lagu dari negeri seberang ini mensahkan rilisnya album “This Is Not Jazz” bersamaan dengan Marcell mengadakan intimate concert “This Is Not A Jazz Show” di Motion Blue, Fairmont, Jakarta. Pada konser peluncuran album ini Marcell akan membawakan lagu-lagu yang ada di dalam album ”This Is Not Jazz”.

Dalam pengerjaan album “This Is Not Jazz” ini Marcell menggandeng Irsa Destiwi sebagai arranger dan music composer. Irsa merupakan pianis klasik dan jazz asal Indonesia. Banyak repertoire konser telah digarapnya sebagai arranger, dan sebagai komposer, dia telah mencipta puluhan lagu.

“Ini merupakan pertama kalinya saya bekerja sama dengan Marcell dalam hal pengerjaan album. Tapi kalau kerja sama di event dan panggung yang sama sering sekali,” ujar Irsa. “Marcell adalah seseorang yang punya ambisi dalam bermusik. Dia sering mencoba hal-hal baru dan berbeda,” ucapnya lagi.

Marcell meneruskan kisah produksi album “This Is Not Jazz” dengan pujiannya terhadap Irsa Destiwi, “Reputasi Irsa Destiwi sebagai pianis dan arranger jazz tidak perlu diragukan lagi, terutama setelah Irsa memproduseri sebuah album jazz berisi lagu-lagu legendaris Indonesia bersama Shadow Puppets dengan penyanyi Harvey Malaihollo.”

Perbincangan Marcell dengan Rishanda Singgih, music director-nya yang juga kemudian menjadi pemain bass di project ini, sepakat menjadikan Irsa sebagai Music Director dan arranger album “This Is Not Jazz”, dibantu oleh Eddy Syakroni (guru drum Marcell) pada posisi drum dan Eugen Bounty pada saxophone dan clarinet. Tidak ketinggalan Nesia Ardi sebagai ‘vocal coach’ dan ‘vocal director’ untuk Marcell.

“Bersama mereka, selain menemukan sosok-sosok keluarga bermusik baru, saya diharuskan untuk membuka diri untuk belajar lebih lagi, bahkan harus rela ‘merestart’ semua yang sudah saya pelajari selama ini karena pola bernyanyi jazz sangat jauh berbeda dengan pola bernyanyi saya selama ini,” tambah Marcell lagi.

Terdapat sembilan lagu dalam album ini. Ada lagu “Adventure Of A Lifetime” dari Coldplay sebagai lagu pertama pembuka album diteruskan dengan lagu kedua “Jangan Pernah Berubah” ciptaan Melly

Goeslaw yang merupakan lagu lama dari Marcell sendiri. “Putri Remaja” yang menjadi lagu urutan ketiga di album ini merupakan lagu dari Malaysia, yang pertama kali dinyanyikan almarhum Jasni pada tahun 1957. Lagu keempat adalah lagu “I Feel It Coming” dari The Weeknd dan lagu urutan kelima yaitu “Rozana”, juga merupakan lagu dari negeri Malaysia – yang pertama kali dibawakan oleh kumpulan Search- yang dipilih Marcell untuk masuk ke dalam album ini. Pada urutan keenam ada lagu “The Very Thought Of You” ciptaan Ray Noble, yang juga dipopulerkan kembali oleh Michael Bublé. Lagu ketujuh

merupakan lagu berjudul “Toothbrush” dari DNCE, lagu kedelapan adalah “Blue Moon” yang terkenal dibawakan oleh Frank Sinatra dan Cliff Richard dan terakhir lagu kesembilan yaitu lagu dari Marcell sendiri yang berjudul “Semusim” ciptaan Tohpati dan Zoel Ahmad.

Album “This Is Not Jazz” ini merupakan pencapaian “lebih” dari perjalanan musikalitas seorang Marcell Siahaan. Pertalian antara idealisme, musikalitas, dan apresiasinya atas dunia musik menjadi salah satu alasan Marcell membuat album ini. Marcell juga berharap album ini bisa menjadi jembatan bagi para penikmat musik jazz dan pop untuk saling menikmati dan mengapresiasi.

====== This Is Not Jazz=====

Track List:

  1. Adventure Of A Lifetime
  2. Jangan Pernah Berubah
  3. Putri Remaja
  4. I Feel It Coming
  5. Rozana
  6. The Very Thought Of You
  7. Toothbrush
  8. Blue Moon
  9. Semusim

Tentang Marcell Siahaan:

Marcell Siahaan, atau Marcell, adalah seorang penyanyi solo pria, drummer dan juga aktor asal Indonesia yang namanya mulai dikenal di dunia industri hiburan Indonesia sejak berduet dengan Shanty di lagu “Hanya Memuji” ciptaan Melly Goeslaw pada tahun 2002.