Hanung Bramantyo dan film biopik dari tokoh-tokoh bersejarah tanah air rasanya memang sudah tak bisa dipisahkan lagi. Ia pernah menggarap film tentang Presiden pertama Indonesia ‘Soekarno’, pendiri Muhammadiyah ‘Ahmad Dahlan’ dalam film ‘Sang Pencerah’, hingga tentu saja film kisah cinta abadi mantan Presiden Indonesia yang filmnya berlabel terlaris ‘Rudy Habibie’.

Tahun ini Hanung kembali dengan salah satu tokoh pahlawan nasional, Sultan Agung, dalam film berjudul ‘Sultan Agung: Tahta, Perjuangan, Cinta’. Hanung kembali mengajak aktor utama yang pernah bekerjasama dengannya dalam ‘Soekarno’, Ario Bayu, sebagai Sultan Agung.

 

Dikisahkan setelah ayahnya, Panembahan Hanyokrowati meninggal, Raden Mas Rangsang yang masih remaja menggantikannya dan diberi gelar Sultan Agung Hanyakrakusuma. Ini adalah sebuah tanggung jawab yang tidak mudah.

 

Sultan Agung harus menyatukan adipati-adipati di tanah Jawa yang tercerai berai oleh politik VOC yang dipimpin oleh Jan Pieterszoon Coen, di bawah panji Mataram. Di sisi lain, ia harus mengorbankan pula cinta sejatinya kepada Lembayung dengan menikahi perempuan ningrat yang bukan pilihannya.

 

Kemarahan Sultan Agung kepada VOC memuncak ketika ia mengetahui bahwa VOC tidak memenuhi perjanjian dagang dengan Mataram dengan membangun kantor dagang di Batavia. Ia pun mengibarkan Perang Batavia sampai meninggalnya JP Coen dan runtuhnya benteng VOC.

 

Selama perjuangan ini, Sultan Agung juga harus menghadapi berbagai pengkhianatan yang terjadi padanya.

 

Di akhir kehidupannya, Sultan Agung menghidupkan kembali padepokan tempatnya belajar, dan melestarikan tradisi dan karya-karya budaya Mataram yang bernilai sangat tinggi.

 

Film yang diproduseri dan sekaligus skenarionya ditulis oleh Mooryati Soedibyo ini turut menampilkan Marthino Lio, Adinia Wirasti, Putri Marino, Christine Hakim, Anindya Putri, Meriam Bellina, Deddy Sutomo, Lukman Sardi, Teuku Rifnu Wikana, dan Roekman Rosady.

 

Perjuangan ‘Sultan Agung’ bisa Anda saksikan di bioskop seluruh Indonesia mulai tanggal 23 Agustus 2018.

 

Smber : http://sidomi.com/599122/film-biopik-perjuangan-sultang-agung-karya-hanung-bramantyo-siap-tayang-23-agustus/